Buku Ajar Pemodelan dan Simulasi: Panduan Praktis untuk Menghadapi Tantangan Sistem Kompleks

Silvester A.S. Herjuna
0

 


Pemodelan dan simulasi adalah metode penting dalam ilmu teknik, bisnis, dan ilmu pengetahuan lainnya. Hal ini karena mereka dapat membantu kita memahami sistem yang kompleks, menemukan solusi yang lebih baik, dan memprediksi hasil dari berbagai tindakan atau keputusan.

Buku Ajar Pemodelan dan Simulasi yang ditulis oleh saya sendiri (buku karangan perdana saya) dan tim penulis di bawah naungan Penerbit Feniks Muda Sejahtera adalah sebuah panduan praktis yang membahas tentang pemodelan dan simulasi. Buku ini terdiri dari 6 bab yang membahas tentang sifat sistem, model, dan simulasi, apa itu pemodelan dan simulasi komputer, bagaimana simulasi kejadian diskrit, apa itu metode sistem dinamis, cara pengumpulan data untuk simulasi, dan pengertian logika fuzzy.

Setiap bab dilengkapi dengan contoh kasus dan latihan yang membantu pembaca untuk memahami konsep dan aplikasi yang dibahas dalam buku. Dalam buku ini, pembaca akan belajar bagaimana memahami dan merepresentasikan suatu sistem nyata yang sedang ditinjau dengan menggunakan metode simulasi yang sesuai dengan karakteristik sistem nyata tersebut.


Pada bab pertama, pembaca akan mempelajari tentang sifat sistem, model, dan simulasi. Mereka akan memahami tentang apa itu sistem dan bagaimana sistem kompleks dapat direpresentasikan dalam model matematika. Pembaca akan diajak untuk memahami tentang apa itu simulasi dan bagaimana simulasi dapat membantu untuk memecahkan masalah.

Bab kedua membahas tentang apa itu pemodelan dan simulasi komputer. Pembaca akan belajar bagaimana mengembangkan model matematika dari suatu sistem, dan bagaimana model tersebut dapat digunakan untuk membuat simulasi komputer. Di bab ini, pembaca akan belajar tentang algoritma simulasi, parameter input, dan output yang digunakan dalam pemodelan dan simulasi komputer.

Bab ketiga membahas tentang simulasi kejadian diskrit. Di bab ini, pembaca akan belajar tentang bagaimana memodelkan suatu sistem diskrit, bagaimana menggunakan simulasi kejadian diskrit, dan bagaimana membuat simulasi tersebut menggunakan software simulasi.

Bab keempat membahas tentang metode sistem dinamis. Pembaca akan mempelajari tentang bagaimana memodelkan suatu sistem dinamis, bagaimana membuat simulasi sistem dinamis, dan bagaimana melakukan analisis sensitivitas pada hasil simulasi.

Bab kelima membahas tentang cara pengumpulan data untuk simulasi. Pembaca akan belajar tentang berbagai teknik pengumpulan data, termasuk wawancara, observasi, dan pengambilan sampel data.

Bab terakhir membahas tentang pengertian logika fuzzy. Di bab ini, pembaca akan mempelajari tentang bagaimana menggunakan logika fuzzy dalam pemodelan dan simulasi, dan bagaimana logika fuzzy dapat membantu dalam pengambilan keputusan.


Dalam keseluruhan, Buku Ajar Pemodelan dan Simulasi merupakan referensi yang sangat berguna bagi para mahasiswa dan dosen dalam mempelajari dan mengajar mata kuliah Pemodelan dan Simulasi. Buku ini juga sangat bermanfaat bagi para profesional yang bekerja di bidang teknik dan industri. Buku ini juga dapat digunakan sebagai referensi untuk perusahaan dan organisasi yang ingin meningkatkan efisiensi sistem mereka, dengan menggunakan simulasi untuk mengetahui seberapa baik sistem mereka bekerja dan mencari cara untuk meningkatkannya.

Dapatkan buku ajar Pemodelan dan Simulasi dengan harga yang terjangkau hanya Rp70.000! Buku ini dapat dibeli di link di bawah ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk memperdalam pemahaman Anda tentang Pemodelan dan Simulasi dengan menggunakan buku ini sebagai referensi. Dapatkan penjelasan yang mudah dipahami dan contoh kasus yang relevan untuk membantu Anda memahami konsep dan aplikasi dari setiap topik yang dibahas. Segera dapatkan buku ini dan jadilah ahli dalam Pemodelan dan Simulasi di bidang Teknik Industri!

Link pembelian: https://feniksmudasejahtera.com/product/buku-ajar-pemodelan-dan-simulasi/

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

sasherjuna uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!